Aplikasi Qur’an Kemenag Makin Lengkap dengan Fitur Baru

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Kementerian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) terus melakukan pengembangan layanan mushaf Al-Qur’an bagi umat muslim Indonesia. Terbaru, pada 12 Mei 2020, LPMQ mengeluarkan aplikasi Qur’an Kemenag Versi 2.00 Beta 4.  

Aplikasi mushaf Qur’an digital berbasis android dan IOS ini hadir dengan beberapa fitur baru yang belum kita temui pada Qur’an Kemenag versi terdahulu. Berikut ini, penulis mencoba membedah kelebihan Qur’an Kemenag versi 2.00 Beta 4.  

Perubahan aplikasi Qur’an Kemenag dapat langsung terasa saat kita membuka laman beranda. Pada bagian atas laman yang didominasi warna hijau ini pengguna dapat melihat informasi jadwal waktu salat lima waktu pada setiap kota dan kabupaten se-Indonesia sesuai dengan standar Kementerian Agama. Masih pada bagian atas, pengguna juga memperoleh informasi tanggal dalam tahun hijriyah maupun miladiyah.  

Masih pada laman yang sama, pada bagian tengah terdapat tujuh ikon fitur yang terdapat dalam Qur’an Kemenag, yaitu: Qur’an per Ayat, Qur’an per Halaman, Tafsir, Scan Barcode, LPMQ Channel, Kompas Kiblat, dan Pengaturan.  

Sementara pada bagian bawah, terdapat tabel Statistik Penggunaan yang dapat menunjukkan aktivitas penggunaan Qur’an Kemenag. Pada tabel ini, pengguna dapat mengetahui berapa halaman mushaf yang sudah di baca dan berapa lama menggunakan Qur’an Kemenag dalam sehari dan sepekan terakhir.  

Keunggulan kedua yang terdapat dalam Qur’an Kemenag versi 2.00 Beta 4 adalah fitur murottal MP3 yang dapat diulang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan fitur ini, tentunya memberikan kemudahan pengguna bila ingin menghafal Al-Qur’an.

Untuk menggunakan fitur ini, pertama pengguna dapat meng-klik ikon Qur’an per Ayat atau Qur’an per Halaman yang ada pada laman beranda. Selanjutnya, pengguna mengklik ikon pengaturan yang ada pada sebelah kiri bawah laman mushaf Qur’an. Pada layar kita akan melihat pilihan berapa kali MP3 akan diputar, dan ayat mana saja yang akan dibacakan.  

Masih pada fitur MP3 Murotal, jika pada versi sebelumnya hanya tersedia suara murotal Qur’an Syekh Mahmud Khalil al-Husairy, maka dalam versi terbaru ini pengguna memiliki lebih banyak pilihan.

Qur’an Kemenag versi 2.00 Beta 4 ini sekurangnya menghadirkan 17 pilihan murotal mulai dari bacaan Syekh Abdul Basit Mujawwad hingga Syekh Yasser al-Dosary. 

Keunggulan keempat Qur’an Kemenag versi 2.00 Beta 4 adalah terdapatnya blok warna pada setiap kalimat yang mengandung hukum tajwid. Meskipun fitur ini baru bisa kita temui pada pilihan Qur’an per Halaman, tetapi keberadannya sangat membantu pengguna untuk mengingat hukum tajwid pada setiap bacaannya.  

Melihat pola blok pewarnaanya, penulis menduga penerapannya mengacu pada Pedoman Sistem Pewarnaan dengan Tiga Model Utama yang dikeluarkan LPMQ tahun 2010. Di dalamnya tercantum tiga model utama, yaitu:  

a. Model Akademik, adalah pola pewarnaan berdasarkan kaidah tajwid, yaitu pewarnaan pada huruf-huruf dan harakat yang menimbulkan sebuah hukum bacaan tajwid,  

b. Model Fonetik, adalah pola pewarnaan berdasarkan pelafalan yaitu pewarnaan pada huruf dan harakat yang dilafalkan karena mengandung hukum tajwid, dan

c. Model Praktis, adalah pola pewarnaan berdasarkan pada tanda baca yang menunjukkan hukum tajwid.

Seperti kita ketahui, salah satu syarat sah salat adalah menghadap kiblat. Fitur kompas kiblat ini menurut penulis amat membantu bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, dan tidak ingin kehilangan keabsahan salat lima waktunya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengklik ikon Kompas Kiblat pada laman beranda, kemudian meletakkan ponsel pintarnya pada bidang datar. Kemudian jarum kompas dengan simbol Kakbah pada layar akan menunjukkan ke mana arah kiblat.  

Fitur terakhir yang cukup menarik dalam aplikasi ini adalah Channel LPMQ. Bila klik ikon fitur Channel LPMQ yang ada pada laman beranda Qur’an Kemenag, pengguna kemudian akan diarahkan pada laman yang menampilkan sederetan video tentang pembelajaran Al-Qur’an yang telah diproduksi LPMQ.  

Mempelajari hikmah Al-Qur’an melalui video interaktif tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dengan fitur Channel LPMQ ini, pengguna tidak perlu repot untuk pindah ke aplikasi lain untuk mencari video-video pembelajaran Al-Qur’an tersebut.  

Demikian beberapa keunggulan dari aplikasi Qur’an Kemenag versi 2 Beta 4 ini. Semoga kehadirannya dapat membantu umat dalam membaca, memahami, serta menggali makna Al-Qur’an. Aamiin. (p/ab)